Sabtu, 05 Juni 2010

Daftar Sekolah Di DKI, Sistem Online & Gratis

Jakarta, Tokokurnianews

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Mulyanto, Kamis, (3/6) menyatakan, pendaftaran peserta didik baru dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas ( SMA) / Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dilakukan secara online. Dengan menggunakan sistim ini, diharapkan dapat memudahkan masyarakat dan bersifat terbuka. Pendaftaran itu dapat dilakukan dengan gratis.

“ Sistim ini sangat terbuka dan memudahkan masyarakat. Para pendaftar tinggal datang ke sekolah terdekat dan tanpa harus mendatangi sekolah yang bersangkutan,” katanya kepada sumber tokokurnianews di Jakarta.

Taufik menjelaskan, dalam pendaftaran secara online ini, setiap peserta didik baru untuk tingkat SD dapat melakukan pendaftaran maksimal pada tiga sekolah. Sedangkan untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), SMA boleh mendaftar di lima sekolah. Sementara, bagi peserta didik yang ingin mendaftar di SMK, dapat memilih tiga kompetensi keahlian, baik pada sekolah yang sama maupun sekolah yang berlainan.

Ditambahkan Taufik, masa pendaftaran untuk tingkat SD akan dilakukan pada 14-16 Juni 2010 mendatang. Sedangkan untuk pendaftaran tingkat SMP akan dilakukan pada 23-25 Juni 2010 dan pendaftaran untuk tingkat SMA / SMK baru dilakukan pada 1-3 Juli 2010 mendatang.

“ Jika daya tampung sekolah belum terpenuhi, maka akan dibuka jadwal pendaftaran untuk tahap kedua bagi kursi siswa yang belum terisi. Bagi siswa yang telah diterima, maka harus dilanjutkan untuk melaporkan / meregistrasi pendaftaran pada sekolah yang bersangkutan yang segala informasi mengenai jadwal serta daftar siswa yang diterima dapat dilihat pada situs www.ppdbdki.org,” katanya mengakhiri.

Terkait biaya pendaftaran, kata Taufik, para peserta didik baru tidak akan di pungut biaya. Baik pendaftaran tingkat SD hingga SMA / SMK. Karena masalah biaya baru akan dibahas bersama komite sekolah setelah kegiatan belajar- mengajar dimulai pada 12 Juli 2010 mendatang.

“ Bagi siswa SMA/SMK yang berasal dari luar Propinsi DKI Jakarta akan diberi jatah 5 persen dari total daya tampung masing-masing sekolah. Untuk melakukan pendaftarannya, para siswa yang berasal dari luar Propinsi DKI Jakarta terlebih dahulu harus melaksanakan masa prapendaftaran di enam sekolah yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan,” katanya menerangkan.

Taufik melanjutkan, masa prapendaftaran itu sendiri akan dilaksanakan pada 28-30 Juni mendatang. Sedangkan masa prapendaftaran bagi peserta didik tingkat SMP dilaksanakan pada 21 hingga 22 Juni 2010 mendatang.

0 komentar:

Poskan Komentar